Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Rabu, 02 Desember 2009

The Round Dance of the Cross


Kemuliaan bagimu, bapa.
Amin.
Kemuliaan bagimu, firman.
Kemuliaan bagimu, rakhmat.
Amin.
Kemuliaan bagimu, roh.
Kemuliaan bagimu, sang kudus.
Kemuliaan bagi kemuliaanmu.
Amin.
Kami puji engkau, bapa.
Kami bersyukur kepadamu, terang,
di dalammu tidak ada kegelapan.
Amin.
Aku nyatakan mengapa kami bersyukur:
aku akan diselamatkan
dan aku akan menyelamatkan.
Amin.
Aku akan dibebaskan
dan aku akan membebaskan.
Amin.
Aku akan dilukai dan aku akan melukai.
Amin.
Aku akan dilahirkan dan aku akan melahirkan.
Amin.
Aku akan memakan dan aku akan dimakan.
Amin.
Aku akan mendengar dan aku akan didengar.
Amin.
Aku akan diingat,
dan aku adalah ingatan yang murni.
Amin.
Aku akan dibasuh dan aku akan membasuh.
Amin.

Rakhmat berdansa.

Aku akan meniup seruling.
Marilah, setiap orang, berdansa.
Amin.
Aku akan meratap.
Setiap orang, merataplah.
Amin.
Kawasan delapan kidung bersama kita.
Amin.
Bilangan keduabelas berdansa di atas.
Amin.
Seluruh jagat berdansa bersama kita.
Amin.
Jika engkau tidak berdansa,
engkau tidak mengetahuinya.
Amin.
Aku akan lari jauh dan aku akan tetap di sini.
Amin.
Aku akan menghias dan aku akan dihias.
Amin.
Aku akan disatukan dan aku akan menyatukan.
Amin.
Aku tidak memiliki rumah
dan aku memiliki banyak rumah.
Amin.
Aku tidak bertempat tinggal
dan aku akan memiliki banyak tempat.
Amin.
Aku tidak memiliki bait
dan aku memiliki banyak bait.
Amin.
Aku adalah sebuah pelita bagimu yang melihatku.
Amin.
Aku adalah sebuah cermin bagimu yang mengenalku.
Amin.
Aku adalah sebuah pintu bagimu yang mengetukku.
Amin.
Akulah sebuah jalan bagimu, wahai musafir.
Amin.

Jika engkau mengikuti dansaku,
lihatlah dirimu ada di dalamku ketika aku berbicara.
Jika engkau sudah melihat apa yang kuperbuat,
simpanlah dalam hatimu apa yang menjadi misteriku.
Engkau yang menari,
pertimbangkanlah apa yang kulakukan.

Penderitaanmu adalah
penderitaan insani yang harus kutanggung.
Engkau tidak akan pernah memahami apa yang engkau derita
kecuali aku sang firman diutus kepadamu oleh sang bapa.
Engkau yang telah melihat apa yang kulakukan
telah melihat aku sebagai penderitaan,
dan pada saat engkau melihatnya,
engkau tidak kokoh berdiri
tetapi sangat tergoyangkan.
Engkau digoyangkan menuju hikmat,
dan engkau mendapat pertolonganku.

Rehatlah di dalamku.

Siapa aku, engkau akan tahu kalau aku pergi.
Apa yang sekarang terlihat pada diriku,
itu bukanlah aku yang sesungguhnya.
Siapa aku sebenarnya,
engkau akan lihat kalau engkau mau datang.

Seandainya engkau tahu bagaimana harus menderita
engkau akan dapat tidak menderita.
Belajarlah bagaimana menderita
maka engkau akan dapat tidak menderita.

Apa yang engkau tidak ketahui,
aku akan ajarkan kepadamu.

Akulah Allahmu,
bukan Allah si pengkhianat.

Aku mendambakan jiwa-jiwa yang suci
selaras dengan diriku.
Ketahuilah firman hikmat.

Katakanlah bersamaku,
Kemuliaan bagimu, bapa.
Kemuliaan bagimu, firman.
Kemuliaan bagimu, roh.
Amin.

Jika engkau ingin tahu siapa aku dahulu,
aku menertawakan segalanya dengan firman ini,
dan aku sama sekali tidak ditertawakan.

Aku melompat-lompat karena girang.
Pahamilah segala sesuatu,
dan ketika engkau telah memahaminya,
beritakanlah.
Kemuliaan bagimu, bapa.
Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar